Ciri2 Penyakit Sipilis

Apa itu sifilis?

Sifilis adalah infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak diobati. Sifilis dibagi menjadi beberapa tahap (primer, sekunder, laten, dan tersier). Ada berbagai tanda dan gejala yang berhubungan dengan setiap tahap.
Bagaimana sifilis menyebar?

Anda bisa mendapatkan sifilis dengan kontak langsung dengan sifilis selama seks vaginal, anal, atau oral. Anda dapat menemukan luka pada atau sekitar penis, vagina, atau anus, atau di rektum, di bibir, atau di mulut. Sifilis dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi ke bayinya yang belum lahir.
Seperti apa sifilis itu?

Sifilis dibagi menjadi beberapa tahap (primer, sekunder, laten, dan tersier), dengan tanda dan gejala berbeda yang terkait dengan setiap tahap. Obat sipilis Seseorang dengan sifilis primer umumnya mengalami luka atau luka di tempat infeksi yang asli. Luka ini biasanya terjadi pada atau di sekitar alat kelamin, di sekitar anus atau di rektum, atau di dalam atau di sekitar mulut. Luka ini biasanya (tapi tidak selalu) kencang, bulat, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Gejala sifilis sekunder meliputi ruam kulit, kelenjar getah bening bengkak, dan demam. Tanda dan gejala sifilis primer dan sekunder bisa ringan, dan mungkin tidak diperhatikan. Selama tahap laten, tidak ada tanda atau gejala. Sifilis tersier dikaitkan dengan masalah medis yang parah. Seorang dokter biasanya dapat mendiagnosis sifilis tersier dengan bantuan beberapa tes. Hal ini dapat mempengaruhi jantung, otak, dan organ tubuh lainnya.
Contoh sifilis primer sakit.

Contoh sifilis primer sakit.
Bagaimana saya mengurangi risiko terkena sifilis?

Satu-satunya cara untuk menghindari PMS adalah tidak memiliki seks vaginal, anal, atau oral.

Jika Anda aktif secara seksual, Anda dapat melakukan hal berikut untuk menurunkan peluang Anda terkena sifilis:

Berada dalam hubungan saling monogami jangka panjang dengan pasangan yang telah diuji sifilis dan tidak memiliki sifilis;
Menggunakan kondom lateks dengan cara yang benar setiap kali berhubungan seks. Kondom mencegah penularan sifilis dengan mencegah kontak dengan sakit. Terkadang luka terjadi di daerah yang tidak tertutup oleh kondom. Kontak dengan luka ini masih bisa menularkan sifilis.

Apakah saya berisiko mengalami sifilis?

Orang yang aktif secara seksual bisa mendapatkan sifilis melalui hubungan seks tanpa vagina, anal, atau oral tanpa kondom. Lakukan pembicaraan jujur ​​dan terbuka dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan tanyakan apakah Anda harus diuji sifilis atau PMS lain.

Semua wanita hamil harus diuji sifilis pada kunjungan prenatal pertama mereka.
Anda harus menjalani tes secara teratur untuk sifilis jika Anda aktif secara seksual
adalah pria yang berhubungan seks dengan laki-laki;
hidup dengan HIV; atau
memiliki pasangan yang telah dinyatakan positif sifilis.